Beranda > Berita > Gaji PNS Tahun Depan Naik Lagi 10 Persen

Gaji PNS Tahun Depan Naik Lagi 10 Persen

VIVAnews – Pemerintah akan menaikkan gaji PNS, TNI, Polri dan pensiunan rata-rata 10 persen pada 2012. Pemerintah juga tetap memberikan gaji dan pensiun bulan ke-12 bagi PNS, TNI, Polri dan pensiunan. Hal itu tercantum dalam pidato Presiden RI terkait Rancangan Undang Undangan tentang APBN 2012 besar Nota Keuangan di depan Rapat Paripurnan DPR, Selasa 16 Agustus 2011.

Menurut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, kenaikan itu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. “Pemerintah dalam tahun 2012 mendatang berketetapan untuk menaikkan gaji pokok PNS, TNI, Polri dan pensiunan sebesar rata-rata 10 persen. Pemerintah juga tetap memberikan gaji dan pensiun bulan ke-13 bagi PNS, TNI, Polri dan pensiunan,” ujar SBY. Program peningkatan kesejahteraan rakyat yang menjadi fokus utama dari RAPBN tahun yang akan datang. Di antaranya program ketahanan pangan sebesar Rp41,9 triliun.

Pemerintah akan menggulirkan program surplus beras 10 juta ton dalam 5-10 tahun. Sementara untuk perhatian kepada para petani, APBN mengalokasikan pemberian bantuan langsung pupuk sebesar Rp675 miliar atau setara 192,8 ribu ton. “Selain itu, kita sediakan bantuan langsung bibit unggul sebesar Rp1,8 triliun, atau setara 185 ribu ton benih tanaman pangan,” tambahnya. Untuk nelayan, pemerintah memiliki program pengembangan sistem usaha budidaya ikan, dengan menyediakan modal kerja bagi 3.340 kelompok nelayan, pengembangan usaha penangkapan ikan dan pemberdayaan nelayan skala kecil untuk pembangunan kawasan minapolitan untuk 3.700 kelompok nelayan, serta pembangunan dan pembinaan pelabuhan perikanan pada 816 pelabuhan.

Bagi kaum pekerja, lanjut SBY, pemerintah mendorong daerah-daerah untuk membayar upah pekerja sesuai dengan Upah Minimum Regional. Pemerintah memperluas program penjaminan kredit usaha rakat (KUR) dibanding tahun sebelumnya. Pemerintah juga tetap melanjutkan program PNPM Mandiri dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp13,1 triliun. Anggaran itu dibagi dalam program PNPM perdesaan sebesar Rp9,6 triliun, dengan sasaran 5.020 kecamatan, program PNPM perkotaan sebesar Rp2 triliun, dengan sasaran 10.948 kelurahan, serta program PNPM daerah tertinggal dan khusus sebesar Rp42,3 miliar, dengan sasaran 85 kabupaten dan kota.

Selain itu, pemerintah melanjutkan program bantuan tunai bersyarat melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp2,1 triliun untuk menjangkau sasaran sekitar 1,5 juta rumah tangga sangat miskin. Untuk membantu keluarga miskin dalam memenuhi kebutuhan pangannya, pemerintah memiliki program pemberian beras bagi rakyat miskin dan setengah miskin dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp15,6 triliun, kepada sekitar 17,5 juta rumah tangga sasaran. “Semuanya itu, kita tujukan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rakyat banyak, terutama bagi saudara-saudara kita yang berpendapatan rendah,” tambahnya. (umi)

Kategori:Berita
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: